Halo semua sahabat blog , pada permulaan februari ini aku ingin membagikan kepada anda suatu ilmu yang sungguh penting dan wajib anda kuasai jikalau anda ingin menjadi web developer, kali ini kita akan membahas cara menciptakan autentikasi dengan fungsi PHP ialah Session. Apa itu session dan apa kegunaannya ? tentu anda yang belum paham akan berpikir demikian. Baiklah, secara garis besar mampu kita simpulkan bahwa session pada php kebanyakan dipakai dalam menciptakan halaman login dan logout, baik itu member maupun admin, dan untuk lebih jelasnya, mari kita diskusikan satu persatu.

1. Pendahuluan

Autentikasi yakni suatu prosedur untuk mengendalikan hak terusan sebuah halaman web, biasanya diawali dengan adanya proses login. Dimana user diminta menginput user id dan password. Jika berhasil login anda atau user berhak masuk ke suatu halaman, dan bila tidak, anda atau user tidak akan bisa masuk ke halaman tersebut.

Session ialah sebuah varibel sementara yang diletakkan di server. Di mana PHP mampu mengambil nilai yang tersimpan di server walaupun kita membuka halaman gres. Biasanya session akan hilang jika anda menutup browser.
Contoh penggunaan session yang mampu kita lihat dan alami ialah pada proses login facebook, sebetulnya diwaktu anda mengetikkan email anda dan password anda ketika login pada facebook, pertama-tama alamat email dan password anda akan dicek atau dicocokkan oleh facebook dengan alamat email yang tersimpan dalam database facebook, dan bila alamat email dan password anda ditemukan dalam database facebook maka acara facebook ini akan menyimpan alamat email dan password anda pada server atau supaya anda lebih mengetahui, sifacebook akan menyimpannya didalam browser yang anda gunakan baik itu Firefox maupun Google Chrome. Makanya diwaktu kita menutup atau meng-close browser kita dan kita menjalankan kembali browser tersebut akan timbul lagi halaman login. Kenap demikian ? padahal kita sebelumnya telah melakukan proses login, mungkin dari antara anda semua mengajukan pertanyaan demikan, jawabanya yaitu alasannya fungsi yang dipakai pada halaman login facebook adalah fungsi Session tadi, dimana mirip yang saya katakan tadi jikalau browser ditutup atau diclose, maka session yang didaftarkan tadi akan hilang, dan oleh alasannya itu maka halaman login facebook tadi nongol lagi. Oke, untuk lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini.

2. Cara Membuat atau Register atau mendaftarkan Session

Cara membuat session adalah selaku berikut :
  1. Deklarasi awal kalau kita menggunakan session, yaitu memakai fungsi session_start()
  2. Set sebuah nilai ke variabel $_SESSION
Sebagai acuan, buat sebuah halaman php dengan nama "halaman1.php" kemudian ketik atau copy script php dibawah ini kedalamnya.

halaman1.php

 
session_start();
 
$_SESSION['namauser'] = "ivan";//session yang akan didaftarkan  //atau disimpan pada server
 
echo $_SESSION['namauser'];
 
echo "Ke Halaman 2";
?>

Catatan :




  • Script Session_start() harus diletakkan pada baris code nomor satu pada editor yang anda gunakan.
  • Kode session_start() mesti diletakkan sebelum ada output apapun meskipun hanya spasi, jadi sebaikanya selalu letakkan di bab paling atas

  • 3. Cara Mengecek Session Telah Teregister atau terdaftar

    Setelah kita me-registerkan variabel $_SESSION seperti yang kita kerjakan pada "halaman1.php" tadi, maka untuk mengecek apakah session telah diregister ialah dengan menggunakan fungsi isset().
    Pada pola di atas (halaman1.php), sehabis kita me-register $_SESSION['namauser'], kita akan ke halaman2.php
    Di halaman2.php kita akan cek apakah variabel session telah di register, kalau belum kita stop membuka isi halaman2.php

    Sekarang mari kita buat halaman php dengan nama "halaman2.php" kemudian tempatkan script php dibawah ini kedalamnya :

    halaman2.php

     
    session_start();
     
    if(!isset($_SESSION['namauser']))
        //jika session belum di set/register
        die("Anda belum register atau mendaftarkan session");
     
     
    //kalau sudah register kita lanjut dengan mencetak goresan pena
    ?>

    Selamat Datang

     
     
    echo $_SESSION['namauser'];
    ?>
    Untuk menyaksikan efeknya antara variabel $_SESSION sudah diregister atau belum, coba anda tutup browser, lalu buka lagi browsernya, pribadi buka halaman halaman2.php. Tanpa membuka halaman1.php terlebih dulu, kemudian lihat akibatnya, bila sudah sekarang coba anda laksanakan "halaman1.php" dan lalu lakukan "halaman2.php" , maka lihat balasannya dan perbedaanya. Saran aku, lakukan hal yang sama berulang-ulang seperti langkah yang saya sebutkan diatas dan rubah goresan pena "ivan" pada "halaman1.php" tadi dengan nama anda atau nama apa saja, dan lihat risikonya sekaligus perbedaanya sampai anda mampu mengerti apa itu session. Oke...!!

    4. Cara Un-Register Session (Log Out)

    Setelah kita mencar ilmu me-register session, maka cara un-register session ialah dengan memakai fungsi unset() , script ini sama halnya dengan membuat logout pada halaman website, namun ini masih contoh kecil dan masih mampu anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan anda. Dan untuk menjadikannya mari kita buat lagi halaman php dengan nama "logout.php" kemudian copy kan script dibawah ini kedalamnya:

    logout.php

     
    session_start();
     
    unset($_SESSION['namauser']);
    ?>
    Jika sudah, maka coba kerjakan halaman yang anda buat tadi secara berurutan, pertama coba anda laksanakan "halaman1.php" , jikalau telah lalu laksanakan "halaman2.php" dan lihat goresan pena yang mucul pada halamn browser anda, jika anda sudah melihatnya kemudian lakukan halaman "logout.php" dan jikalau semuanya sudah final anda lakukan sesuai urutan yang aku katakan, maka refresh atau reload "halaman2.php" tadi dan lihat perbedaannya.
    Saran aku selaku admin blog ini, agar anda cepat dan dapat dengan gampang mengetahui apa itu fungsi session pada php, coba anda ulangi langkah yang aku anjurkan tadi berulang-ulang sampai anda dapat mengetahui apa bergotong-royong session itu. Sekian untuk kali ini, jangan lupa share dan komentnya.

    Post a Comment

    Terimakasih sudah berkomentar

    Lebih baru Lebih lama