yang terkadang kita lupa untuk mempelajarinya Apa Sih Xampp Itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya
Halo teman yang setia, kali ini kita membahasa hal-hal dasar tetentang PHP yang kadang-kadang kita lupa untuk mempelajarinya. Kali ini kita akan membahas wacana XAMPP. Mungkin banyak dari sobat sekalian yang telah pernah memakai XAMPP dalam proses belajar PHP, namun acap kali tanpaa disadari kita sering lupa atau bahkan tidak tau Apa sih Xampp itu ? Darimana sih asal-permintaan Xampp itu ? dan Apa sih yang bisa dijalankan dengan Xampp ?. Nah untuk menjawab pertanyaan demikian, aku ingin membagikan tanggapan dimana balasan ini saya kutip dari situs web Wikipedia Bahasa Indonesia dan saya berikan kepada anda semua. (http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP)

Apa Sih Xampp Itu ?

XAMPP yakni perangkat lunak bebas atau software bebas alias gratis, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa acara. Kalau saya boleh membuat pemahaman sendiri perihal Xampp, berdasarkan saya Xampp itu yakni suatu server yang bangun sendiri atau disebut juga localhost. Mengapa saya sebut Xampp itu sebagai server ? alasannya adalah didalam folder Xampp lah nantinya kita akan menyimpan file website dan database kita. Sifatnya hampir mirip dengan Web Server yang ada di internet, cuma bedanya Xampp tidak butuhterkoneksi ke internet alias dapat berdiri sendiri atau localhost.

Apa Sih Fungsi Xampp Itu ?

Fungsinya yakni selaku server yang bangun sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani penampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Sejarah dan Pengembang

XAMPP dikembangkan dari suatu tim proyek berjulukan Apache Friends, yang berisikan Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team)

Asal kata dari XAMPP

XAMPP merupakan suatu abreviasi dimana masing-masing hurufnya memiliki arti tersendiri :

Huruf "X"

X = Program ini mampu dijalankan dibanyak sistem operasi, mirip Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

Huruf "A"

A = Apache, merupakan aplikasi web server.Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user menurut kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diharapkan juga menurut kode PHP yang dituliskan, maka dapat saja sebuah database diakses apalagi dulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

Huruf "M"

M = MySQL, ialah aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL ialah bahasa terstruktur yang dipakai untuk mengolah database. MySQL dapat dipakai untuk menciptakan dan mengelola database beserta isinya. Kita mampu memanfaatkan MySQL untuk menyertakan, mengganti, dan meniadakan data yang berada dalam database.

Huruf "P" (yang pertama)

P = PHP, bahasa pemrograman web.
 ialah bahasa pemrograman untuk menciptakan web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk menciptakan halaman web yang bersifat dinamis. Sistem administrasi basis data yang sering digunakan bareng PHP yakni MySQl. tetapi PHP juga mendukung metode manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

Huruf "P" (yang kedua)

P = Perl, bahasa pemrograman dimana dalam blog ini kita tidak membahasnya.

Bagian Penting XAMPP

Mengenal bagian XAMPP yang umum dipakai kebanyakan:

  • htdoc yaitu folder tempat menaruh berkas-berkas yang akan dilaksanakan, mirip berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin ialah bab untuk mengurus basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan timbul halaman phpMyAdmin.
  • Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengorganisir layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Komponen yang tersedia didalam Xampp :

XAMPP 1.8.3 untuk Windows, including:
Apache 2.4.4
MySQL 5.6.11
PHP 5.5.0
phpMyAdmin 4.0.4
FileZilla FTP Server 0.9.41
Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
Strawberry Perl 5.16.3.1 Portable


XAMPP Control Panel 3.2.1 (from hackattack142)


XAMPP 1.8.3 untuk Linux, including:
Apache 2.4.4
MySQL 5.6.11
PHP 5.5.0
phpMyAdmin 4.0.4
OpenSSL 1.0.1e


XAMPP untuk Solaris


XAMPP untuk Mac OS X

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/XAMPP

Sampai disini saya harap sobat sekalian sudah mampu mengerti apa itu Xampp dengan klarifikasi yang aku berikan barusan. Untuk cara menginstal Xampp dan bagai mana cara penggunaanya akan kita bahasa pada postingan aku selanjutnya yakni Cara Instalasi Xampp dan Cara Penggunaanya.

Terimakasih buat sobat sekalian karna sudah singgah diblog ini, aku harap dengan ilmu yang sedikit ini bisa menjadi bekal yang baik buat anda sekalian, jangan lupa share dan komentarnya ya sobat. Thanks



Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar

Lebih baru Lebih lama