Cara Belajar Bahasa Pemrograman PHP dengan Mudah Dengan Metode Learning By Sample Cara Belajar Bahasa Pemrograman PHP dengan Mudah Dengan Metode Learning By Sample
Sebelumnya saya sapa dulu hadirin setia blog ini, Halo sahabat , apa kabar ? aku harap anda semua dalam kondisi sehat dalam berkunjung keblog saya ini. Kali ini aku akan memperlihatkan sedikit kiat atau trick bagaimana sih mencar ilmu php yang menyenangkan tanpa menciptakan para pemula merasa patah semangat atau kalah sebelum berperperang. Nah kali ini saya akan menunjukkan sebuat tips dimana hal ini yaitu yang aku terapkan pada saat saya pertama kali belajar php yakni dengan tata cara Larning By Sample.


Mengapa Learning by Sample ?

Setelah 4 tahun saya belajar PHP dan saya juga sering mendapat beberapa pertanyaan dari beberapa sobat saya yang pengen berguru PHP kepada aku, kebanyakan mereka menyampaikan bahwa mencar ilmu dari kampus atau sekolah sangatlah sukar atau dengan kata lain mereka susah mencerna pelajaran yang diberikan baik dosen maupun guru.

Mengapa demikian ? karena tanpa kita sadari acap kali proses mencar ilmu pemrograman sebuah instansi pendidikan dimulai dengan sebuah konsep dan teori yang terlalu tinggi untuk pemula dan hal ini lah yang sering menciptakan para pemula patah arang dalam berguru pemrograman sebab mereka langsung beranggapan bahwa program itu susah yang disebabkan oleh pelajaran yang pertama kali mereka pelajari ialah konsep pelajaran yang terlalu tinggi. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan bagi para pembelajar, baik yang ada di dunia akademik maupun dunia profesional.

Dan sehubungan permasalahan yang sering saya jumpai bagi para pemula, maka muncullah sebuah pandangan baru buat aku untuk menunjukkan kiat bagai mana sih cara yang paling efektif dalam mencar ilmu pemrograman utamanya berguru php. Tips ini juga saya terapkan dalam belajar berbagai bahasa pemrograman.

Sedikit aku ceritakan ihwal permulaan aku kepincut dengan bahasa acara, dulunya aku kuliah disalah satu kampus dimedan dengan jurusan yang aku pilih Informatika Komputer, dan aku dahulu dikelas termasuk orang yang tidak memahami bahasa pemrograman dan pelajaran yang diajarkan oleh dosen sangat susah saya cerna. Nah mungkin anda mengajukan pertanyaan, kenapa kini saya telah menjadi programmer ? Ceritanya begini sob, kebetulan dulu saya ambil Diploma satu dan otomatis awal semester 2 aku mesti mulai mempertimbangkan Tugas akhir aku yang mesti dijalankan dengan bahasa program, aku waktu itu mulai kebingungan bagaimana saya atau harus darimana saya memulainya dan aku yakin juga anda juga pernah mengalami hal yang demikian ( Bingung Memulainya Dari Mana ).

Singkat dongeng, aku pada waktu itu iseng-iseng mencari bahan acuan saya mencar ilmu pemrograman Visual basic dimana waktu bahasa pemrograman yang pertama kali saya pelajari visual basic dan bukan berarti kiat saya ini tidak berlaku dengan Bahasa Pemrograman yang lain ya. Pada waktu itu aku sedang browsing di internet, kebetulan aku menerima suatu source code membuat aksara berkedip-kedip dengan perubahan warna atau dengan kata lain Membuat animasi teks.

Nah kebetulan aku sangat suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan design atau animasi, dan tanpa tanua aku pribadi download dan praktekin soure code tersebuat di komputer aku. Sambil asik mempraktekkan, timbul dalam pikiran saya, bagaiman jikalau programnya saya rubah sedikit ya,, ?? kemudian saya rubah misalnya ada angka 1 (satu) saya rubah menjadi angka 2 (dua) misalnya ada kata left (kiri) aku rubah menjadi Right (kanan) dan demikian sampe seterusnya. Dan tanpa saya sadari saya jadi mengerti fungsi dari setiap source code tersebut alasannya adalah saya memperhatikan pergantian yang terjadi ketika saya mengganti source codenya.

Dan dari situ saya menjadi suka dengan acara dan sangat semangat mempelajarinya. Nah mengapa saya kisah demikian diblog ini, mungkin anda mengajukan pertanyaan demikian, Disini aku ingin menerangkan bahwa inti dari cerita diatas dan inti dari Tips mencar ilmu PHP yang aku maksud adalah Belajar lah Sesuai Dengan Hal apa yang anda senangi, atau dengan kata lain Mulailah Belajar Pemrograman PHP dari Hal yang anda sukai.

Misalkan anda suka design, belajar lah acara yang berafiliasi dengan design dan usahakan program anda pelajari pertama kali ialah acara yang paling mudah anda cerna. Mungkin anda lebih gampang mencerna PHP atau mungkin juga Visual Basic maupun yang lain.

Intinya Mulailah dari hal yang anda suka. Dan maksud saya lerning by sample adalah bahwa mencar ilmu acara itu tidak perlu terlalu banyak teori namun langsunglah masuk ke praktek dengan pola-acuan acara yang menurut anda sangat suka.

Misalnya, cara Membuat kalender dengan PHP, cara membuat teks berlangsung dengan HTML, cara membuat animasi memakai PHP, cara membuat Visit Counter dengan PHP, cara Membuat buku tamu dengan PHP dan masih banyak yang lain.

Anda mampu mendowload source codenya dari internet dan mempelajari source code tersebut dikomputer anda masing-masing denga menggukan kiat yang saya berikan tadi, dimana anda saya anjurkan mengubah bertahap programnya dan amati apa yang berganti jikalau anda mengganti program tersebut, dari situ anda akan dapat mengenali apa fungsi dari setiap program yang anda pelajari nantinya.

Yang paling penting disini ialah niat dan kemauan berguru, barang siapa yang akan berguru, hendaklah ia terpelajar karena segala sesuatu itu dimulai dari nol, aku juga dahulu sama mirip anda yang belum mengerti bahasa pemrograman, hanya saja saya punya niat dan kemauan yang tinggi dalam berguru.

Belajar Bahasa Pemrograman Itu tidak susah kalau bukan kita sendiri yang membuatnya sulit

Mungkin anda berpikir, aku itu susah dalam belajar, atau ada juga yang berpikir, saya kan orang yang dianggap terbelakang oleh sobat-sahabat aku ,,,. Disini saya cuma mengingatkan anda, kita terlahir bagaikan kertas putih, orang berilmu sekali pun niscaya pernah berada dititik dimana anda berada kini. Tidak ada orang ndeso kecuali beliau sendiri yang menjadikannya bodoh kerena kemalasan. Disiplin dalam berguru dan tidak merasa arif itulah kunci utama berguru acara. Belajar Bahasa Pemrograman itu tidak sukar yang paling penting yaitu anda mesti sering mengulan dan mengulan acara tersebut dan tanpa disadari pasti ada yang lengket diotak kita nantinya.

Demikian Tips Belajar Bahasa Pemrograman utamanya PHP dari saya, biar kiat ini mampu membantu anda sekaligus motivasi permulaan bagi anda yang sedang mencar ilmu bahasa pemrograman apapun itu jenisnya.
Jangan lupa like, share dan komentarnya ya sahabat sekalian. Selamat berguru buat anda kandidat programmer dunia.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar

Lebih baru Lebih lama