Efek goresan pena asap . Tentunya suatu goresan pena sanggup memiliki suatu makna tersendiri , tetapi bila kita menyertakan suatu dampak pada goresan pena ter...

Efek goresan pena asap. Tentunya suatu goresan pena sanggup memiliki suatu makna tersendiri , tetapi bila kita menyertakan suatu dampak pada goresan pena tersebut maka akan memperkuat makna dan pesona dari goresan pena itu sendiri. Kali ini aku akan memamerkan pola melakukan dampak asap pada goresan pena menyerupai ini:


1.
Buka photoshop dan buat Dokumen gres (Ctrl+N). Tentukan lebar dan tingginya , aku memakai W: 1152 H: 768 , dan resolusi memakai pixels/inch.


2.
Berikan warna dasar gradasi dengan Gradient Tool. Disini aku menggunakan #07090a selaku foreground color & #202b35 selaku background color.


3.
Buat goresan pena berwarna putih kemudian pilih Filter>Blur>Motion Blur. Bila timbul peringtan , maka pilih Ok agar teks di rasterize (diubah menjadi gambar). Set menjadi Angle : 90 , dan Distance : 25 (atau sesuai selera)


4.
Sekarang kita berikan dampak gelombang , Filter>Distort>Wave. Ubah Number of Generators : 4 , Wavelength : min 10 & max 346 , Amplitude : min 5 & max 35.


5.
Pilih Filter>Blur>Gaussian Blur. Ubah radius menjadi 5 pixel dan pilih Ok. Setelah itu masukkan layer 'Asaaap' ke dalam grup (Ctrl+G). Lalu ubah Blend Mode menjadi Color Dodge. Maka kita sudah mendapat dampak cahayanya.


6.
Buat layer gres dan letakkan diluar grup dan diatas semua layer. Lalu ubah warna foreground & Background menjadi Hitam & Putih (atau tekan 'D' pada keyboard) , pilih Filter>Render>Clouds. Maka kurang lebih akan menyerupai ini :


Lalu ubah Blend Mode menjadi Color Dodge. Kemudian pilih Layer>Layer Mask>Reveal All makan akan timbul Layer mask di Layer 1. Gunakan Brush warna hitam dengan hardness 0% untuk menetralisir beberapa area sehingga menjadi menyerupai ini :


7.
Buat layer gres letakkan paling atas dan buat menjadi grup menyerupai ini :

Setelah itu tambahkan dekorasi dengan Brush bermotif asap yang sanggup di download dari Qbrushes. Untuk yang belum tahu cara menyertakan brush ke dalam preset sanggup baca postingan sebelumnya. Gunakan warna putih dan brush disekitar tulisan. Jika kurang tebal sanggup kita klik dua kali agar mendapat hasil yang diinginkan.
Hasilnya akan menyerupai ini.


8.
Pilih layer background kemudian klik kanan>Duplicate Layer>Ok atau Ctrl+J. Maka akan didapat layer Background copy. Selanjutnya klik layer Background copy dan pilih Filter>Texture>Texturizer. Ubah scaling : 100% dan relief : 4 , Texture : Canvas dan Light : Top. Lalu pilih Ok.


Lalu ubah Opacity layernya menjadi 8% sehingga akan terlihat menyerupai dampak kertas karton.

9.
Untuk menghasilkan agar terlihat menyerupai kertas terbakar , maka kita mesti menyertakan layer invert. Pilih Layer>New Adjustment Layer>Invert>Ok. Letakkan layer invert paling atas diantara layer yang lain.


10.
Hasil Akhir dampak goresan pena sudah selesai.
versi dark

versi bright

Sekian panduan kali ini. Semoga bermanfaat. :)

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar

Previous Post Next Post